RSS

Penggunaan Obat

12 Oct

Obat, ibarat madu atau racun. Obat disebut sebagai madu karena bisa menghilangkan gejala sakit, atau penyebab sakit. Obat disebut dengan racun karena penggunaan obat yang tidak benar akan menyebabkan efek samping yang merugikan kesehatan. Agar terhindar dari dampak negatif penggunaan obat, maka kita perlu menggunakan obat secara benar.

Untuk itu kita perlu mengenal prinsip DA GU SI BU, yaitu DApatkan obat secara benar, GUnakan obat secara benar, SImpan obat dengan benar dan BUang obat dengan benar. Dapatkan obat dengan benar, mengandung arti kita mendapatkan obat dengan jalur resmi dan cara yang legal. Obat keras, Psikotropika dan Narkotika dapat didapatkan di apotek dengan resep dokter, sedangkan obat bebas terbatas dan obat bebas dapat didapatkan di Apotek dan Toko Obat yang berijin.

Setelah mendapatkan obat dari jalur yang legal, kita perlu mengenal penggunaan obat secara benar, yang meliputi 3 hal : sebelum menggunakan, pada saat menggunakan dan setelah menggunakan obat. Sebelum menggunakan obat, kita harus memastikan bahwa obat yang akan kita minum sesuai indikasi, secara fisik baik (homogen, tidak berubah warna), dan belum kadaluarsa. Kita juga perlu memerhatikan peringatan (kontra indikasi) yang ada didalam kemasan obat.

Selanjutnya gunakan obat sesuai aturan pakai yang tertulis di etiket. Penggunaan obat tiga kali sehari berarti obat diminum setiap interval 8 jam. Untuk obat tertentu seperti antibiotika, obat harus diminum sampai tuntas, untuk menghindari resiko resistensi bakteri.

Setelah menggunakan obat kita perlu memahami efek samping dari penggunaan obat. Beberapa obat seperti CTM, dapat menimbulkan rasa kantuk. Beberapa antibiotik dapat menyebabkan alergi, sesak napas bagi mereka yang sensitif. Bila terjadi demikian kita perlu segera menghentikan sementara penggunaan obat dan segera berkonsultasi dengan dokter dan atau apoteker tentang penggunaan obat tersebut.

Supaya obat yang kita pakai tidak rusak maka kita perlu menyimpan obat dengan benar, sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kemasan. Kebanyakan obat tidak boleh terpapar oleh sinar matahari secara langsung untuk itu obat perlu disimpan di tempat yang tertutup dan kering. Selain itu jauhkan obat dari anak-anak dengan menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak.

Bila obat telah kadaluarsa atau rusak maka obat tidak boleh diminum, untuk itu obat perlu dibuang. Obat jangan dibuang secara sembarangan, agar tidak disalahgunakan. Obat dapat dibuang dengan terlebih dahulu dibuka kemasannya, direndam dalam air, lalu dipendam didalam tanah.

Dengan mendapatkan obat secara benar, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar. Semoga tujuan terapi obat dapat tercapai dan kita dapat kembali sehat tanpa mendapatkan dampak negatif dari penggunaan obat-obatan.

 
Leave a comment

Posted by on 12 October 2011 in Farmakmin

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: